Label Posting

2 Rahasia Besar Dibalik Sukses Bisnis Online

Dengan jumlah pengguna internet yang kian meningkat pesat (sekitar 40 juta pada tahun 2012), maka online business merupakan salah satu sektor yang potensial untuk mekar dengan semerbak. Disitu terbentang sebuah peluang untuk mereguk sejumput rezeki yang berkelimpahan. Disitu ada setangkup harapan untuk menikmati profit yang terus mengalir tanpa henti.

Dan tentu saja ini : online business yang sukses bisa dijalankan hanya dari rumah. Sambil duduk leyeh-leyeh menikmati wedang jahe di serambi belakang rumah, kita bisa meraup omzet yang lumayan mak nyus. Tidakkah ini sebuah pemandangan yang indah, dibanding harus setiap pagi berangkat ke kantor, pulang petang atau malam, setelah grudak gruduk dihimpit kemacetan dan polusi yang kian tak tertahankan?

Ah, kalau saja begitu mudahnya menjalankan online business. Jangan khawatir sobat. Sebentar lagi akan dihidangkan dua rahasia besar dibalik keberhasilan menjalankan online business. Sebelum melanjutkan hidangan, monggo, silakan di-seruput dulu wedang jahe-nya.

Rahasia pertama untuk menjalankan bisnis online yang sukses mungkin bisa diringkas dalam tiga kata : trafik, trafik dan trafik. Banyak orang yang bersemangat membangun web store yang keren, lengkap dengan display produk yang jos markojos. Namun mereka lupa, tanpa trafik pengunjung yang memadai, web store itu ibarat rumah megah di tengah kuburan. Sunyi dan senyap.

Dan kabar buruknya adalah ini : membangun trafik pengunjung yang tinggi, alamak, susahnya minta ampun. Blog keren yang tengah Anda baca ini contohnya. Setelah empat tahun berjibaku, tiap minggu tanpa henti update tulisan bagus, toh jumlah pengunjung blog ini hanya 30 ribu/bulan (oke sudah lumayan tinggi; sebab banyak web store yang pengunjungnya cuma 2000-an/bulan. Namun target saya sebenarnya 300 ribu visitor/bulan. Sebab kalau target ini tercapai, saya bisa segera menjadi jutawan. I am not joking).

Ada dua cara untuk mendongrak trafik pengunjung. Cara pertama adalah cara alamiah. Maksudnya mencoba menarik pengunjung dengan konten informasi yang melimpah. Jadi kuncinya adalah konten. Update konten dengan tekun. Update juga dengan beragam informasi yang amazing.

Mudah-mudahan dengan begitu akan ada banyak yang nge-link ke web kita, dan Google akan makin baik hati dengan isi/konten web kita yang melimpah. Selanjutnya, ribuan pengunjung akan dengan mudah menclok ke web store kita. Namun, cara alamiah ini sungguh butuh nafas yang panjang. Endurance. Dan kesabaran. Jadi ndak ada yang instan. Kuncinya : great contents will generate great visitors.

Cara kedua untuk mendongkrak pengunjung tentu saja melalui iklan. Sebenarnya memasang iklan di Google atau Facebook cukup murah juga. Hanya Rp 200 per klik. Artinya setiap ada yang nge-klik iklan kita, maka kita kena biaya Rp 200 saja. Artinya kalau kalau kita pengin ada 100 klik/pengunjung per hari maka biayanya : 100 klik x Rp 200 = Rp 20 ribu per hari atau 600 ribu per bulan.

Pengalaman saya, memasang iklan di Google dan FB ini cukup efektif dalam mendatangkan calon pembeli (menurut saya, Google Adword lebih efektif dibanding iklan di FB). Dikombinasikan dengan konten yang teratur, maka trafik web store kita bisa pelan-pelan merayap naik.

Rahasi kedua untuk mendatangkan bisnis online yang sukses adalah ini : high conversion rate. Maksudnya berapa persen jumlah visitor yang menjelma menjadi pembeli. Dari sejumlah data e-commerce, rata-rata conversion rate bisnis online adalah antara 1% hingga 10%. Makin tinggi tentu makin bagus.

Dari data dan pengalaman yang ada, produk fashion (seperti busana, kaos, rok, baju) atau produk buku, obat-obatan herbal, cenderung memiliki conversion rate yang relatif lebih tinggi. Kategori produk yang pas, yang dikombinasikan dengan mutu produk yang bagus akan bisa membuat conversion rate yang tinggi.

Contohnya adalah web store bisniskaos.com yang menjual kaos dengan beragam desain aktual. Kategori jualan yang pas yakni produk kaos, digabung dengan aneka pilihan desain yang cukup menarik membuat web store ini memiliki conversion rate yang relatif tinggi, yakni antara 8 - 9%.

Demikianlah, dua faktor kunci yang akan menentukan keberhasilan sebuah bisnis online. Yang pertama, trafik pengunjung. Dan yang kedua : high conversion rate. Kalau saja kita mampu meracik dua rahasia ini dengan benar, maka kita bisa menikmati limpahan profit bisnis online yang melimpah.

Dan tentu saja sambil ditemani secangkir wedang jahe yang rasanya mak nyus. Sambil duduk leyeh-leyeh di serambi belakang rumah. Ah, betapa nikmatnya hidup ini.